FOREWORD / KATA PENGANTAR / PRAKATA
Ass WrWb !!!

Pertama-tama saya ucapkan selamat datang para pembaca di Blog saya ini, sebelumnya saya hanya menghimbau para pengunjung jangan baca blog saya karena isinya ngak begitu menarik hanya berupa pelajaran, pengalaman dan catatan-catatan yang ngak bermutu....cuma saya simpan di dalam blog ini.

Kalau juga masih nekad untuk membaca isinya ya itu sih terserah anda karena tidak ada yang melarang termasuk antiviruspun males ngeblocking blog ini...ya itu tadi kontennya ngak ada yang berbahaya dan bermutu.

Adapun ceritanya membuat blog ini ketika chatting di Facebook saya ketemu dengan teman saya sewaktu kecil dulu di Kertopati Palembang yaitu Pak Fery Al Firmansyah dan dia bertanya ke saya sudah punya blog belum, saya bilang sudah tapi ngak pernah aku urus. Dengan bantuannya jadilah yang sekarang ini. Kenapa aku milih judul Blogku "SAYA INGIN MENANGIS DENGAN BAHASA INGGRISMU" karena terinspirasi dengan ucapan singkat (Curt) teman dekat saya (Close Friend) di Philipina Mr. Haberjari Samad Bayro, ketika dia buat selorohan seperti ini "Oh, My Goodness, I WANT TO CRY WITH YOUR ENGLISH" sehingga membuat saya tertawa terbahak-bahak.

Menurut saya belajar Bahasa Inggris itu gampang-gampang susah alias susah-susah gampang tapi itu semua kembali sama kita ada kemauan keras atau tidak untuk belajar mengembangkannya...kalau malas ya bisa-bisa lidahnya terlipat seperti bebek kwek kwek kwek bunyinya...alias ngak enak didengaar telinga. Saya pikir Bahasa Inggris itu ada 4 pokok dasar utama, seperti :

1. Menggunakan : ...AKAN...( Saya akan ke sekolah = I will go to school )
2. Menggunakan : ...SEDANG ...( Dia sedang masak = She/He is cooking)
3. Menggunakan : ...SUDAH/TELAH... ( Mereka sudah/telah makan nasi = They have eaten rice)
4. Menggunakan :......Tanpa AKAN, SEDANG, SUDAH/TELAH...( Kamu/Anda bekerja = You work)

Yang lainnya cuma tambahan tapi ini dululah yg kita kuasai alias pembentukan pola-pola kalimat yang sederhana saja alias ngak usah mikir terlalu berat yah ! Dengan pola pikir orang Indonesia yang sederhana dan cerdas... jangan pikirkan wah...grammarnya susah...ini yang membuat kamu jadi malas dan cenderung menghindar dari pelajaran Bhs Inggris bahkan KO (knock out) kalau ujian Ebtanas (take exam) alias jeblok nilainya terus nangis karena ngak lulus. Saya nyakin deh kalau kamu ikuti ini kamu dijamin 90% lulus walau kamu tidak bisa bicara dengan baik. Kita ngak usah terlalu mikirin bentuk/ pola grammarnya bikin kepalamu mumet ..lagian kitakan bukan disiapkan jadi guru bhs Inggris yang harus ngelotok tentang grammar. Grammarnya Inggris sama Indonesiakan jelas berbeda makanya sulit bagi kita untuk cepat memahami. Tapi coba kita latih dengan pola lain yang gampang kita mengerti...Okey Boss !!! EEEhhh...Nah sekarang sudah saya isi postingannya baru sedikit dan sesegera mungkin saya isi terus secara bertahap tapi pasti. Don't be mad, Man !!!

Saya sih kepengennya pola pendidikan Indonesia di ubah dari yang dulunya 90% menggunakan textbook bahasa Indonesia 10% textbook bahasa Inggris...maka sekarang dibalik 90% bahasa Inggris 10% Bahasa Indonesia...Alasannya Bangsa Indonesia sudah mengerti Bahasa Indonesia dan digunakan juga dalam bahasa ibu atau bahasa kesehari-harian...dalam artian tidak mengubah SUMPAH PEMUDA...Dulu para calon mahasiswa jurusan IKIP berburu ambil jurusan Bhs Indonesia alasannya karena jam Mata Pelajarannnya banyak dan honornya lumayan. Satu lagi guru-guru harus mengerti bahasa Inggris dan sewaktu menghantarkan pelajaran ya dikombinasikanlah dengan Indonesia English atau kita singkat "INDOLISH" jangan dikombinasikan dengan bahasa daerah seperti Jakarta dan lain-lain, akhirnya kacau juga bahasa Indonesianya tuh loh lihat seperti di TV (walah aku juga ikut-ikutan) kecuali subject Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia harus tetap pada pakemnya ngak boleh campuran. Coba banyangkan dari sekolah SMP mungkin sekarang start dari SD hingga tamat Universitaspun tidak banyak orang yang mampu berbahasa Inggris walaupun hanya pola yang sederhana. Kebanyakan yang bisa bicara Inggris adalah dari golongan elite atau orang biasa yang otaknya cemerlang...Nah bagaimana yang seperti kita yang kurang beruntung ngak bisa nambah jam pelajaran khusus yang kita kenal dengan Kursus Bahasa Inggris. Kalau orang Indonesia sudah pandai berbahasa Inggris kemungkinan besar kursus bahasa Inggris akan tutup semua yang ada hanya kursus bahasa Jepang, Korea, Jerman dan lain-lain. Saya hanya bermimpi kapan Indonesia nantinya seperti Philippines bisa menggunakan Bhs Inggris dan Bhs Tagalog at the same time menjadi bahasa resmi negara (Official Language). Kalau kita bisa Bhs Indonesia juga kita bisa Bhs Inggris...It's cool banget...Huuuh sok pintar ai (if you are dreaming your dream is still a dream). Kedepan generasi Indonesia akan lebih mantap bersaing dilapangan pekerjaan di luar negeri dan dalam negeri, debat-debat/ klaim-klaim internasional atau apalah. Kitapun dapat mencari pekerjaan diluar negeri dan tidak selalu mengharapkan pemerintah membuka lowongan pekerjaan. Banyak lowongan pekerjaan di luar negeri yang akhirnya di isi oleh para pekerja dari India, Philipina, China,Pakistan. Pendidikan kita lebih baik dengan negara tetangga seperti Philipina tetapi kenapa kalau bersaing kerja kita selalu lemah posisi tawarnya padahal skill kita It's OK...saya hanya berkesimpulan singkat/picik bahwa penyebab itu semua karena tidak mampunya kita berbahasa Inggris. Jadi kesimpulannya orang lain/bule memandang kita KUPERINTEL(kurang pergaulan internasional), mereka lebih percaya dengan orang yang pandai berbahasa Inggris dan jangan heran kalau gaji kita akan berbeda kalau bekerja sama mereka walau kita memiliki skill yang baik. Nah..terakhir kita ngak boleh menghidar atau keringat dingin kalau ada tamu yang menggunakan bahasa Inggris dan Who knows anaknya nanti mencalonkan Presiden Republik Indonesia sudah fluent bahasa Inggrisnya (saya dengar issuenya syarat seorang mau jadi Presiden RI kedepan harus pandai English) atau setidaknya ya President Taxi...Hehehe (LoL), yang pentingkan President judulnya.

Kalau ada yang berminat ingin mengcopy isi blog ini ya silakan saja, saya ngak melarang kok...wong aku juga tidak tahu anda dan aku dapat ilmu ini dari orang lain...sekiranya bermanfaat sama anda ia saya merasa bersyukur karena sudah membantu anda dalam kebaikan ilmu tapi tolong dong isi (fill out) dengan kata-kata di SEND ME SAY HELLO di sebelah kanan anda.

Haaa...sudahlah begitu saja Kata Pengantar dari saya karena saya bukan pengarang, penulis atau ahli filsafat/philosophy yang penting saya masih bisa berpikir dengan baik. Mohon maaf bila ada kemiripan atau kesamaan dalam materi yang saya tampilkan disini karena bahasa Inggris bukan suatu hak patent dari pihak-pihak tertentu... itulah mengapa bahasa Inggris menjadi penghantar bahasa dunia dari 4 bahasa lainnya seperti Arab, China, Jerman dan Russia.


Wassalam,
TABLE OF CONTENTS / DAFTAR ISI

Senin, 10 Agustus 2009

KATA SIFAT - YANG JUGA HARUS DI INGAT




NO BHS INDONESIA = BHS INGGRIS

1 absen = absent
2 ada = available
3 adil = fair
4 aktif = active
5 aman = safe
6 amatir = amateur
7 anggun = graceful
8 asin = salty
9 asing = strange
10 ayu = charming
11 bagus = nice
12 bagus = fine
13 bahagia = happy
14 bahaya = dangerous
15 baik = good
16 baik hati = kind
17 bandel = spite
18 bangga = proud
19 baru = new
20 basah = wet



21 basi = fermented
22 bebas = free
23 beda = Different
24 benar = right
25 benar = correct
26 bengis = stern
27 bengkok = bent
28 beradab = civilized
29 berani = brave

Capek lagi saya...ngak ada yg ngurutin saya...pantat gue panas rasanya..ambayen kale!
Terusin ya ngaturnya !!!
30 berani, tegas = bold
31 berat = heavy
32 bersih = clean
33 besar big
34 besar great
35 biadab barbaric
36 bijaksana wise
37 bisa able
38 bisu mute
39 bodoh foolish
40 bodoh stupid
41 boros extravagant
42 buta blind
43 cair liquid
44 cantik beautiful
45 cantik pretty
46 cemas anxious
47 cemas worry
48 cemburu jealous
49 cemerlang bright
50 cepat quick
51 cepat fast
52 cepat rapid
53 cerdas smart
54 cerewet fussy
55 cukup enough
56 curang unfair
57 dalam deep
58 dangkal shallow
59 dekat near
60 dekat close
61 dingin cold
62 dungu dull
63 enak delicious
64 gelap dark
65 gembira glad
66 gemuk fat
67 giat (belajar) hard
68 gila mad
69 gila crazy
70 hadir present
71 halus smooth
72 hambar insipid
73 hangat warm
74 hati-hati cautious
75 hati-hati careful
76 hemat thrifty
77 hidup alive
78 indah beautiful
79 indah wonderful
80 indah lovely
81 jarang rare
82 jauh far
83 jelas clear
84 jelek bad
85 jelek ugly
86 jinak tame
87 jujur honest
88 juling cross eyed
89 kaku stiff
90 kalem calm
91 kasar rough
92 kasar rude
93 kaya rich
94 kecil small
95 kejam cruel
96 keras hard
97 kering dry
98 keriting curly
99 kosong empty
100 kotor dirty
101 kuat strong
102 kurus thin
103 lama long
104 lama (tua) old
105 lambat slow
106 langka scarce
107 layu withered
108 lebar broad
109 lebar wide
110 lemah weak
111 lembab humid
112 lembut gentle
113 lembut mild
114 lengket tight
115 liar wild
116 licik sneaky
117 luas large
118 lucu funny
119 lumpuh lame
120 lunak soft
121 lurus straight
122 mahal expensive
123 malas lazy
124 malu shy
125 manis sweet
126 marah angry
127 masam sour
128 matang/masak cooked
129 matang/masak ripe
130 mati dead
131 mencair melted
132 mentah raw
133 meragukan doubtful
134 mirip similar
135 miskin poor
136 muda young
137 mudah easy
138 mungil tiny
139 murah cheap
140 murni pure
141 nakal naughty
142 nikmat delicious
143 nyata real
144 padat solid
145 pahit bitter
146 panas hot
147 pandai clever
148 panjang long
149 pasif passive
150 pasti certain
151 pedas hot
152 pelit stingy
153 pelit miserly
154 pendek short
155 penting important
156 penuh full
157 penuh full
158 perlu necessary
159 pikun doting
160 pincang cripple
161 pirang blondy
162 profesional professional
163 pucat pale
164 rajin diligent
165 ramah friendly
166 ramping slim
167 rapi neat
168 rendah low
169 rendah hati modest
170 resmi formal
171 ringan light
172 rumit complicated
173 sadar aware
174 sadis cruel
175 sakit sick
176 sakit ill
177 salah wrong
178 sama equal
179 sama the same
180 sederhana simple
181 sedih sad
182 segar fresh
183 sehat healthy
184 sejuk cool
185 sembrono reckless
186 sembrono careless
187 sempit narrow
188 senang happy
189 serakah greedy
190 serius serious
191 setia loyal
192 sibuk busy
193 sombong conceited
194 sopan polite
195 subur fertile
196 suci holy
197 sulit difficult
198 sunyi quiet
199 sunyi silent
200 tajam sharp
201 tajam sharp
202 takut afraid
203 tamak greedy
204 tandus barren
205 tebal thick
206 terang bright
207 terang clear
208 tinggi high
209 tinggi tall
210 tipis thin
211 tua old
212 tuli deaf
213 tumpul blunt
214 umum common

0 komentar:

AddThis

Bookmark and Share

Add to Google Reader or Homepage

Subscribe Now: standard