FOREWORD / KATA PENGANTAR / PRAKATA
Ass WrWb !!!

Pertama-tama saya ucapkan selamat datang para pembaca di Blog saya ini, sebelumnya saya hanya menghimbau para pengunjung jangan baca blog saya karena isinya ngak begitu menarik hanya berupa pelajaran, pengalaman dan catatan-catatan yang ngak bermutu....cuma saya simpan di dalam blog ini.

Kalau juga masih nekad untuk membaca isinya ya itu sih terserah anda karena tidak ada yang melarang termasuk antiviruspun males ngeblocking blog ini...ya itu tadi kontennya ngak ada yang berbahaya dan bermutu.

Adapun ceritanya membuat blog ini ketika chatting di Facebook saya ketemu dengan teman saya sewaktu kecil dulu di Kertopati Palembang yaitu Pak Fery Al Firmansyah dan dia bertanya ke saya sudah punya blog belum, saya bilang sudah tapi ngak pernah aku urus. Dengan bantuannya jadilah yang sekarang ini. Kenapa aku milih judul Blogku "SAYA INGIN MENANGIS DENGAN BAHASA INGGRISMU" karena terinspirasi dengan ucapan singkat (Curt) teman dekat saya (Close Friend) di Philipina Mr. Haberjari Samad Bayro, ketika dia buat selorohan seperti ini "Oh, My Goodness, I WANT TO CRY WITH YOUR ENGLISH" sehingga membuat saya tertawa terbahak-bahak.

Menurut saya belajar Bahasa Inggris itu gampang-gampang susah alias susah-susah gampang tapi itu semua kembali sama kita ada kemauan keras atau tidak untuk belajar mengembangkannya...kalau malas ya bisa-bisa lidahnya terlipat seperti bebek kwek kwek kwek bunyinya...alias ngak enak didengaar telinga. Saya pikir Bahasa Inggris itu ada 4 pokok dasar utama, seperti :

1. Menggunakan : ...AKAN...( Saya akan ke sekolah = I will go to school )
2. Menggunakan : ...SEDANG ...( Dia sedang masak = She/He is cooking)
3. Menggunakan : ...SUDAH/TELAH... ( Mereka sudah/telah makan nasi = They have eaten rice)
4. Menggunakan :......Tanpa AKAN, SEDANG, SUDAH/TELAH...( Kamu/Anda bekerja = You work)

Yang lainnya cuma tambahan tapi ini dululah yg kita kuasai alias pembentukan pola-pola kalimat yang sederhana saja alias ngak usah mikir terlalu berat yah ! Dengan pola pikir orang Indonesia yang sederhana dan cerdas... jangan pikirkan wah...grammarnya susah...ini yang membuat kamu jadi malas dan cenderung menghindar dari pelajaran Bhs Inggris bahkan KO (knock out) kalau ujian Ebtanas (take exam) alias jeblok nilainya terus nangis karena ngak lulus. Saya nyakin deh kalau kamu ikuti ini kamu dijamin 90% lulus walau kamu tidak bisa bicara dengan baik. Kita ngak usah terlalu mikirin bentuk/ pola grammarnya bikin kepalamu mumet ..lagian kitakan bukan disiapkan jadi guru bhs Inggris yang harus ngelotok tentang grammar. Grammarnya Inggris sama Indonesiakan jelas berbeda makanya sulit bagi kita untuk cepat memahami. Tapi coba kita latih dengan pola lain yang gampang kita mengerti...Okey Boss !!! EEEhhh...Nah sekarang sudah saya isi postingannya baru sedikit dan sesegera mungkin saya isi terus secara bertahap tapi pasti. Don't be mad, Man !!!

Saya sih kepengennya pola pendidikan Indonesia di ubah dari yang dulunya 90% menggunakan textbook bahasa Indonesia 10% textbook bahasa Inggris...maka sekarang dibalik 90% bahasa Inggris 10% Bahasa Indonesia...Alasannya Bangsa Indonesia sudah mengerti Bahasa Indonesia dan digunakan juga dalam bahasa ibu atau bahasa kesehari-harian...dalam artian tidak mengubah SUMPAH PEMUDA...Dulu para calon mahasiswa jurusan IKIP berburu ambil jurusan Bhs Indonesia alasannya karena jam Mata Pelajarannnya banyak dan honornya lumayan. Satu lagi guru-guru harus mengerti bahasa Inggris dan sewaktu menghantarkan pelajaran ya dikombinasikanlah dengan Indonesia English atau kita singkat "INDOLISH" jangan dikombinasikan dengan bahasa daerah seperti Jakarta dan lain-lain, akhirnya kacau juga bahasa Indonesianya tuh loh lihat seperti di TV (walah aku juga ikut-ikutan) kecuali subject Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia harus tetap pada pakemnya ngak boleh campuran. Coba banyangkan dari sekolah SMP mungkin sekarang start dari SD hingga tamat Universitaspun tidak banyak orang yang mampu berbahasa Inggris walaupun hanya pola yang sederhana. Kebanyakan yang bisa bicara Inggris adalah dari golongan elite atau orang biasa yang otaknya cemerlang...Nah bagaimana yang seperti kita yang kurang beruntung ngak bisa nambah jam pelajaran khusus yang kita kenal dengan Kursus Bahasa Inggris. Kalau orang Indonesia sudah pandai berbahasa Inggris kemungkinan besar kursus bahasa Inggris akan tutup semua yang ada hanya kursus bahasa Jepang, Korea, Jerman dan lain-lain. Saya hanya bermimpi kapan Indonesia nantinya seperti Philippines bisa menggunakan Bhs Inggris dan Bhs Tagalog at the same time menjadi bahasa resmi negara (Official Language). Kalau kita bisa Bhs Indonesia juga kita bisa Bhs Inggris...It's cool banget...Huuuh sok pintar ai (if you are dreaming your dream is still a dream). Kedepan generasi Indonesia akan lebih mantap bersaing dilapangan pekerjaan di luar negeri dan dalam negeri, debat-debat/ klaim-klaim internasional atau apalah. Kitapun dapat mencari pekerjaan diluar negeri dan tidak selalu mengharapkan pemerintah membuka lowongan pekerjaan. Banyak lowongan pekerjaan di luar negeri yang akhirnya di isi oleh para pekerja dari India, Philipina, China,Pakistan. Pendidikan kita lebih baik dengan negara tetangga seperti Philipina tetapi kenapa kalau bersaing kerja kita selalu lemah posisi tawarnya padahal skill kita It's OK...saya hanya berkesimpulan singkat/picik bahwa penyebab itu semua karena tidak mampunya kita berbahasa Inggris. Jadi kesimpulannya orang lain/bule memandang kita KUPERINTEL(kurang pergaulan internasional), mereka lebih percaya dengan orang yang pandai berbahasa Inggris dan jangan heran kalau gaji kita akan berbeda kalau bekerja sama mereka walau kita memiliki skill yang baik. Nah..terakhir kita ngak boleh menghidar atau keringat dingin kalau ada tamu yang menggunakan bahasa Inggris dan Who knows anaknya nanti mencalonkan Presiden Republik Indonesia sudah fluent bahasa Inggrisnya (saya dengar issuenya syarat seorang mau jadi Presiden RI kedepan harus pandai English) atau setidaknya ya President Taxi...Hehehe (LoL), yang pentingkan President judulnya.

Kalau ada yang berminat ingin mengcopy isi blog ini ya silakan saja, saya ngak melarang kok...wong aku juga tidak tahu anda dan aku dapat ilmu ini dari orang lain...sekiranya bermanfaat sama anda ia saya merasa bersyukur karena sudah membantu anda dalam kebaikan ilmu tapi tolong dong isi (fill out) dengan kata-kata di SEND ME SAY HELLO di sebelah kanan anda.

Haaa...sudahlah begitu saja Kata Pengantar dari saya karena saya bukan pengarang, penulis atau ahli filsafat/philosophy yang penting saya masih bisa berpikir dengan baik. Mohon maaf bila ada kemiripan atau kesamaan dalam materi yang saya tampilkan disini karena bahasa Inggris bukan suatu hak patent dari pihak-pihak tertentu... itulah mengapa bahasa Inggris menjadi penghantar bahasa dunia dari 4 bahasa lainnya seperti Arab, China, Jerman dan Russia.


Wassalam,
TABLE OF CONTENTS / DAFTAR ISI

Kamis, 20 Agustus 2009

TALKING IN FRONT OF MY FELLOW IN UNIFORM/COMRADE



BISMILLAH HIROHMAN NIROHIM
IN THE NAME OF ALLAH, THE MOST GRACIOUS, THE MOST MERCIFUL

OUR COMMANDING OFFICER COMMODORE WELLY,SIR
OUR DEPUTY C.O CAPTAIN JOKO, SIR
OUR ASSISTANTS OF C.O (OR THE OFFICER-IN-CHARGE OF LOGISTICS CAPTAIN PAIJO,SIR)
FELLOW IN UNIFORMS/SOLDIERS

LADIES AND GENTELMENT A PLEASANT DAY TO ALL OF US AND ASSALAMU ALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATU ! PEACE BE UPON US ALL !

TODAY MARKS ANOTHER MILESTONE IN THE DEVELOPMENT OF MY CAREER AS A MILITARY MAN.


FIRST OF ALL, LET ME THANKS SINCERELY OUR GOVERMENT SPECIALLY "INDONESIAN ARMS FORCE" FOR GIVING ME THE PRIVILEGE, OPPORTUNITY AND HONOR TO REPRESENT OUR COUNTRY IN SERVING THE BORDER CROSSING STATION (BCS) IN THE FOREIGN LAND LIKE THE PHILIPPINES.

THAT WONDERFUL EXPERIENCED THAT HAS GIVEN TO ME IS A VERY CHALLENGING AND REMARKABLE ONE, A TACTFUL AND REWARDING(PENGHARGAAN)IN THE SENSE THAT IT MADE ME A BETTER PERSON.

FOR THE TWO YEARS AWAY FROM MY FELLOW COUNTRYMEN, MY RELATIVES, FAMILY AND LOVE ONES IS NOT THAT EASY JOB, YOUR ALWAYS FIGHTING "HOMESICKNESS", THAT WAS MY BIGGEST "ENEMY" IN THE FOREIGN LAND. BUT INSPITE OF THAT "LONELINESS" ENCOUNTERED, I MANAGED TO OVERCOME IT FOR THE LOVE OF MY FELLOWMAN AND COUNTRY.

WHILE LEAVING IN THE MOST SOUTERN MINDANAO PART OF THE PHILIPPINES WHICH IS "BONGAO,TAWI-TAWI", I STUDIED, LEARNED AND ACCEPTED THERE CULTURES WHICH IS ALMOST THE SAME AS OUR CULTURE. FOR EASY FACILITATION OF MY TASK. THE PEOPLE THERE WERE SO FRIENDLY AND ACCEPTED ME WITHOUT HESITATION AND RACIAL DISCRIMINATION. THE TREATMENT WAS SO WARMED THAT I COULD HARDLY FORGET, AND IF I'M GIVEN THE CHANCE AGAIN TO SERVE AND REPRESENT BACK OUR COUNTRY IN THE FOREIGN LAND, I'LL ACCEPT IT WITH OPEN ARMS AND WITHOUT HESITATION.

WHILE IN THE AREA OF MY RESPONSIBELITIES, I RECEIVED INFORMATION FROM MY FRIEND THAT MALAYSIAN FISHERY BOAT ENTERED TERRITORIAL SEA OF THE PHILIPPINES AND WERE CAPTURED BY THE "PHILIPPINES COAST GUARD' AND IT TURNED OUT THAT ALL THE CREWS IN THAT SAID VESSEL WERE INDONESIAN NATIONAL. I PERSONALLY INVITED THEM AND BROUGHT TO MY OFFICE AND GATHERED WHAT WAS TRANSFERED IN THAT PARTICULAR INCIDENT, LATER. I INFORMED MY IMMEDIATE SUPERIOR IN THE PERSON OF MR. SUPARDI BASED IN DAVAO CITY, PHILIPPINES THAT WAS MY FIRST ENCOUNTER WITH INDONESIAN NATIONAL CROSSING THE INDONESIAN-PHILIPPINES-MALAYSIA BORDER,ETC.

LADIES AND GENTELMEN, MYSELF AND MY ENTIRE FAMILY IS VERY MUCH GREATFUL AND THANKFUL TO ALMIGHTY ALLAH FOR THE WONDERFUL OPPORTUNETLY THAT HAS GIVEN ON ME, THE GOOD LESSON AND THE LEGACY THAT MY LATE FATHER RUSDI AND MY EVER SUPPORTING MOTHER IRAWATY THOUGHT ADVISED, SHARED AND IMPLANTED IN MY HEART AND IN MY MIND WERE VERY USEFUL AND STILL RUNS IN MY VEIN BEING THE SON OF A FORMER MILITARY MAN WHO MATURED ME AND STRONGER AND BETTER OUTLOOK IN LIFE NOT TO MANTION THE LONE AFFECTION FULL SUPPORT OF MY LOVING WIFE SAPRIANI BORO SIREGAR AND (3) THREE LOVABLE/ADORABLE KIDS WHO IS MY INSPIRATION IN EVERY ENDEAVOR THAT I'M UNDERTAKING AND FACING THROUGH IN MY CAREER AS A MAN IN UNIFORM.

LASTLY, MY FELLOWS/BROTHERS IN UNIFORM, LET ME THANK YOU FOR GIVING ME THE CHANCE TO TALK IN FRONT OF ALL OF YOU AND RELATING MY MEMORABLE AND UNFORGETABLE EXPERIENCES IN THE SERVICE OF INDONESIAN PEOPLE IN GENERAL, IN THE PHILIPPINES A PLACE I COULD HARDLY FORGET, THE WARM APPROACHED OF MY DEAR FRIENDS, A FRIEND WHO TAUGHT ME AND MADE ME OF WHAT I'M TODAY, THIS IS AN HONOR NO JUST FOR MYSELF BUT FOR ALL OF US. I SET A GOOD EXAMPLE OF HOW INDONESIAN PEOPLE ARE. THANK YOU SO MUCH AND MAY ALLAH BLESS US ALWAYS IN OUR EVERYDAY UNDERTAKINGS. AMEN.

LONG LIVE INDONESIA

WASSALAM.

LT.JG R AGUNG.G


SORRY YAH...SAYA BUAT CATATAN ARTINYA DLM BHS INDONESIA MENURUT PENDEKATAN PENTERJEMAHAN YANG SAYA PAHAMI. KARENA BHS INGGRIS ITU MENURUT SAYA KITA SALING MENGANALISIS KOK DAN MEMAHAMI SATU SAMA LAINNYA KARENA SATU KATA SAJA BANYAK ARTINYA DAN PRONOUNCING YG BERBEDA SAJA KITA HARUS MENGANALISISNYA...KALAU BERTANYA LAGI BISA2 BIKIN INSULTING MEREKA.....YAH SELERA-SELERA KAMULAH TERJEMAHKANNYA/BEBAS YG PENTING UNDERSTOOD EACH OTHER....MAKA TERJADILAH PERCAKAPAN/PENGERTIAN ITU...JANGAN PIKIRKAN NGERTI NGAK YAH SIBULE OR ORANG LAIN....SUDAH ITU TINGGALKAN SAJA NGAK USAH DIPIKIRIN LAGI..DUDUK SAMBIL NGOPI DAN MEROKOK KALAU KAMU PEROKOK HAHAHA (LOL)

nah ini arti keseluruhannya :


BISMILLAH HIROHMAN NIROHIM
Dengan nama ALLAH, yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

Komandan kita Laksma TNI Welly.
Wakil Komandan kita Kolonel JOKO.
Para asisten komandan kita(asisten Logistik komandan Kolonel PAIJO)
Teman-teman seperjuangan

Ibu-ibu dan Bapak-bapak hari yang menyenangkan untuk kita semua dan saya ucapkan Assalamu ALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATU! Salam Damai dan sejahtera utk kita semua!

Hari ini adalah tongak peristiwa bersejarah dalam pengembangan dari karier saya sebagai seorang Militer.

Pertama-tama, ijinkan/ biarkan saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada pemerintah khususnya TNI telah memberikan saya hak istimewah, peluang dan kehormatan untuk mewakili negara kita berdinas di Pos lintas perbatasan (BCS) di negara asing seperti FILIPINA.

pengalaman yang indah telah diberikan kepada saya adalah sebuah kesempatan sangat menantang dan luar biasa, kebijaksanaan dan Penghargaan serta pengertian yang membuat saya menjadi seorang yg lebih baik.

selama dua tahun jauh dari teman-temanku senegara, saudara-saudaraku, keluarga dan yang tercinta bukan suatu pekerjaan mudah, saya selalu bertarung melawan "kerinduan", adalah musuh yang sangat besar di negara asing. Walaupun demikian bahwa "kesendirian" yang dialami, saya berhasil mengatasinya tentang kecintaan terhadap teman-teman senegara dan negaraku.

Saat akan berangkat ke Mindanao Selatan bagian dari negara FILIPINA yaitu "BONGAO, Tawi-Tawi", saya belajar, mempelajari dan menerima adanya kebudayaan-kebudayaan yang hampir sama dengan budaya kita. mereka mudah untuk memfasilitasi tentang urusanku. orang-orangnya sangat bersahaja/bersahabat menerima saya tanpa keragu-raguan dan diskriminasi rasial. Perlakuannya tdk bisa saya lupakan, dan bila saya ada kesempatan lagi untuk melayani dan mewakili kembali negara kita di luar negeri, saya akan terima dengan tangan terbuka/senang hati dan tanpa keragu-raguan.

Saat di daerah tugas dan tanggungjawab saya, saya menerima informasi dari teman saya bahwa sebuah kapal ikan Malaysia memasuki Teritorial Laut FILIPINA dan ada ditangkap oleh " penjaga pantai Philipina' dan ternyata bahwa semua ABKnya adalah semua warga negara NDONESIA. saya pribadi mengundang mereka dan saya bawa ke kantor saya dan mengumpulkan data-data tertentus ewaktu kejadian, kemudian sesegera mungkin saya informasi kepada atasan saya secara pribadi ke pada Pak. Supardi yang berpangkalan di kota Davao, FILIPINA yang pertama kali mengurus bertemu dengan warga negara Indonesia diperbatasan INDONESIA - MALAYSIA-FILIPINA dan lain-lain.

ibi-ibu dan bapak-bapak, saya sendiri dan seluruh keluarga sangat berterima kasih banyak dan bersyukur kepada ALLAH Maha Besar untuk kesempatan yang indah bahwa telah diberikan kepada saya, pelajaran yang baik dan warisan dari almarhum ayah saya Rusdi dan ibu saya Irawaty yang selalu mendukung pemikiran dan saran yang masih terpancangan di dalam hati saya dan di dalam pikiran saya yang masih sangat bermanfaat dan masih berdenyut di urat nadi saya sebagai seorang anak mantan MILITER yang mematangkan saya dan lebih memperkuat dalam wawasan hidup yang lebih baik dan tidak lupa untuk di sebutkan sendiri dukungan penuh terkasih dari istri saya SAPRIANI Boro Siregar dan tiga anak-anak yang manis dan lucu-lucu yang membuat ilham/inspirasi saya dalam setiap berusaha saya sedang dalam menjalankan tugas-tugas yang saya hadapi melalui karir saya sebagai seorang militer.

Terakhir, teman-teman seperjuanganku, ijinkan/ biarkan saya mengucapkan terima kasih telah memberikan kesempatan kepada saya untuk berbicara di depan anda semua dan berkaitan dengan kenangan dan pengalaman yang tidak terlupakan dalam pelayanan secara umum kpd masyarakat INDONESIA, di Philipina sebuah tempat yang sangat sulit dilupakan, salam hangat tersayang untuk teman-temanku, teman-teman yang mengajari saya sehingga membuat saya seperti hari ini, ini adalah bukan suatu kehormatan untuk saya saja namun untuk keseluruhan kita. Saya mendudukkan contoh seorang Indonesia yang baik apa adanya. Terima kasih banyak semoga/kiranya ALLAH memberkati kita selalu di dalam menjalankan tugas-tugas keseharian kita. AMIN.

Hidup INDONESIA

Wassalam.

LT.JG R AGUNG.G

2 komentar:

Mahir Pakpahan mengatakan...

Kenapa banyak senjata disini ya..
agak ngeri soalnya..
Tapi tulisannya mantab bro..
Cukup membantu bagi orang seperti saya yang bahasa ingrisnya minus ini.. heheh..

rianto68 mengatakan...

Nice comment ! Mas Simahir...itu cuma penarik pembaca saja bro, mereka pikir aku jualan senjata kali padahal aku cuma koleksi wallpaper saja...kalau nanti koleksinya sdh habis ganti sama yg lain seperti bunga. BTW aku juga minus bro Bhs Inggrisku dan suka pelupaan...maka saya tempatkan disini suatu saat saya lupa saya buka lagi catatan ini...kalau balik ke Indo lagi...kan bahasa Indo lagi..sedikit2 lama2 hilang...intinya bro, bhs inggris itu memhapal, kebiasaan ngomong dan mendengar..nah kalau didengarnya bhs Indo...yg kita fasih Indo..atau sebaliknya. Kalau kumpul sama orang bule ya ..jadi Englishnya Oke..kalau kupul terus sama orang Kubu yg kita akan okey juga Bhs Kubu...Kalau sama kambing kita ngak bisa sama bro...paling yg sama bauknya saja..hahaha . Thank you for your comment. Kasih komen lagi Bro...

AddThis

Bookmark and Share

Add to Google Reader or Homepage

Subscribe Now: standard