FOREWORD / KATA PENGANTAR / PRAKATA
Ass WrWb !!!

Pertama-tama saya ucapkan selamat datang para pembaca di Blog saya ini, sebelumnya saya hanya menghimbau para pengunjung jangan baca blog saya karena isinya ngak begitu menarik hanya berupa pelajaran, pengalaman dan catatan-catatan yang ngak bermutu....cuma saya simpan di dalam blog ini.

Kalau juga masih nekad untuk membaca isinya ya itu sih terserah anda karena tidak ada yang melarang termasuk antiviruspun males ngeblocking blog ini...ya itu tadi kontennya ngak ada yang berbahaya dan bermutu.

Adapun ceritanya membuat blog ini ketika chatting di Facebook saya ketemu dengan teman saya sewaktu kecil dulu di Kertopati Palembang yaitu Pak Fery Al Firmansyah dan dia bertanya ke saya sudah punya blog belum, saya bilang sudah tapi ngak pernah aku urus. Dengan bantuannya jadilah yang sekarang ini. Kenapa aku milih judul Blogku "SAYA INGIN MENANGIS DENGAN BAHASA INGGRISMU" karena terinspirasi dengan ucapan singkat (Curt) teman dekat saya (Close Friend) di Philipina Mr. Haberjari Samad Bayro, ketika dia buat selorohan seperti ini "Oh, My Goodness, I WANT TO CRY WITH YOUR ENGLISH" sehingga membuat saya tertawa terbahak-bahak.

Menurut saya belajar Bahasa Inggris itu gampang-gampang susah alias susah-susah gampang tapi itu semua kembali sama kita ada kemauan keras atau tidak untuk belajar mengembangkannya...kalau malas ya bisa-bisa lidahnya terlipat seperti bebek kwek kwek kwek bunyinya...alias ngak enak didengaar telinga. Saya pikir Bahasa Inggris itu ada 4 pokok dasar utama, seperti :

1. Menggunakan : ...AKAN...( Saya akan ke sekolah = I will go to school )
2. Menggunakan : ...SEDANG ...( Dia sedang masak = She/He is cooking)
3. Menggunakan : ...SUDAH/TELAH... ( Mereka sudah/telah makan nasi = They have eaten rice)
4. Menggunakan :......Tanpa AKAN, SEDANG, SUDAH/TELAH...( Kamu/Anda bekerja = You work)

Yang lainnya cuma tambahan tapi ini dululah yg kita kuasai alias pembentukan pola-pola kalimat yang sederhana saja alias ngak usah mikir terlalu berat yah ! Dengan pola pikir orang Indonesia yang sederhana dan cerdas... jangan pikirkan wah...grammarnya susah...ini yang membuat kamu jadi malas dan cenderung menghindar dari pelajaran Bhs Inggris bahkan KO (knock out) kalau ujian Ebtanas (take exam) alias jeblok nilainya terus nangis karena ngak lulus. Saya nyakin deh kalau kamu ikuti ini kamu dijamin 90% lulus walau kamu tidak bisa bicara dengan baik. Kita ngak usah terlalu mikirin bentuk/ pola grammarnya bikin kepalamu mumet ..lagian kitakan bukan disiapkan jadi guru bhs Inggris yang harus ngelotok tentang grammar. Grammarnya Inggris sama Indonesiakan jelas berbeda makanya sulit bagi kita untuk cepat memahami. Tapi coba kita latih dengan pola lain yang gampang kita mengerti...Okey Boss !!! EEEhhh...Nah sekarang sudah saya isi postingannya baru sedikit dan sesegera mungkin saya isi terus secara bertahap tapi pasti. Don't be mad, Man !!!

Saya sih kepengennya pola pendidikan Indonesia di ubah dari yang dulunya 90% menggunakan textbook bahasa Indonesia 10% textbook bahasa Inggris...maka sekarang dibalik 90% bahasa Inggris 10% Bahasa Indonesia...Alasannya Bangsa Indonesia sudah mengerti Bahasa Indonesia dan digunakan juga dalam bahasa ibu atau bahasa kesehari-harian...dalam artian tidak mengubah SUMPAH PEMUDA...Dulu para calon mahasiswa jurusan IKIP berburu ambil jurusan Bhs Indonesia alasannya karena jam Mata Pelajarannnya banyak dan honornya lumayan. Satu lagi guru-guru harus mengerti bahasa Inggris dan sewaktu menghantarkan pelajaran ya dikombinasikanlah dengan Indonesia English atau kita singkat "INDOLISH" jangan dikombinasikan dengan bahasa daerah seperti Jakarta dan lain-lain, akhirnya kacau juga bahasa Indonesianya tuh loh lihat seperti di TV (walah aku juga ikut-ikutan) kecuali subject Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia harus tetap pada pakemnya ngak boleh campuran. Coba banyangkan dari sekolah SMP mungkin sekarang start dari SD hingga tamat Universitaspun tidak banyak orang yang mampu berbahasa Inggris walaupun hanya pola yang sederhana. Kebanyakan yang bisa bicara Inggris adalah dari golongan elite atau orang biasa yang otaknya cemerlang...Nah bagaimana yang seperti kita yang kurang beruntung ngak bisa nambah jam pelajaran khusus yang kita kenal dengan Kursus Bahasa Inggris. Kalau orang Indonesia sudah pandai berbahasa Inggris kemungkinan besar kursus bahasa Inggris akan tutup semua yang ada hanya kursus bahasa Jepang, Korea, Jerman dan lain-lain. Saya hanya bermimpi kapan Indonesia nantinya seperti Philippines bisa menggunakan Bhs Inggris dan Bhs Tagalog at the same time menjadi bahasa resmi negara (Official Language). Kalau kita bisa Bhs Indonesia juga kita bisa Bhs Inggris...It's cool banget...Huuuh sok pintar ai (if you are dreaming your dream is still a dream). Kedepan generasi Indonesia akan lebih mantap bersaing dilapangan pekerjaan di luar negeri dan dalam negeri, debat-debat/ klaim-klaim internasional atau apalah. Kitapun dapat mencari pekerjaan diluar negeri dan tidak selalu mengharapkan pemerintah membuka lowongan pekerjaan. Banyak lowongan pekerjaan di luar negeri yang akhirnya di isi oleh para pekerja dari India, Philipina, China,Pakistan. Pendidikan kita lebih baik dengan negara tetangga seperti Philipina tetapi kenapa kalau bersaing kerja kita selalu lemah posisi tawarnya padahal skill kita It's OK...saya hanya berkesimpulan singkat/picik bahwa penyebab itu semua karena tidak mampunya kita berbahasa Inggris. Jadi kesimpulannya orang lain/bule memandang kita KUPERINTEL(kurang pergaulan internasional), mereka lebih percaya dengan orang yang pandai berbahasa Inggris dan jangan heran kalau gaji kita akan berbeda kalau bekerja sama mereka walau kita memiliki skill yang baik. Nah..terakhir kita ngak boleh menghidar atau keringat dingin kalau ada tamu yang menggunakan bahasa Inggris dan Who knows anaknya nanti mencalonkan Presiden Republik Indonesia sudah fluent bahasa Inggrisnya (saya dengar issuenya syarat seorang mau jadi Presiden RI kedepan harus pandai English) atau setidaknya ya President Taxi...Hehehe (LoL), yang pentingkan President judulnya.

Kalau ada yang berminat ingin mengcopy isi blog ini ya silakan saja, saya ngak melarang kok...wong aku juga tidak tahu anda dan aku dapat ilmu ini dari orang lain...sekiranya bermanfaat sama anda ia saya merasa bersyukur karena sudah membantu anda dalam kebaikan ilmu tapi tolong dong isi (fill out) dengan kata-kata di SEND ME SAY HELLO di sebelah kanan anda.

Haaa...sudahlah begitu saja Kata Pengantar dari saya karena saya bukan pengarang, penulis atau ahli filsafat/philosophy yang penting saya masih bisa berpikir dengan baik. Mohon maaf bila ada kemiripan atau kesamaan dalam materi yang saya tampilkan disini karena bahasa Inggris bukan suatu hak patent dari pihak-pihak tertentu... itulah mengapa bahasa Inggris menjadi penghantar bahasa dunia dari 4 bahasa lainnya seperti Arab, China, Jerman dan Russia.


Wassalam,
TABLE OF CONTENTS / DAFTAR ISI

Senin, 10 Agustus 2009

SPEECH IN MY FAREWELL PARTY


Bismillahi rohman nirohim
In the name of Alllah, The Most Gracious, The Most Merciful

First of all, thank you to each and every one of you, welcome to my farewell party/( Dispedida in Tagalog). Before I talk further, allow me again to greet you Assalammu alaikum warohmatullahi wabarokatu. Peace be upon us all.

For the last two years, I have been assigned here in The Philippines particularly in Bongao, Prov.Tawi-Tawi. I considered this place as my second home. The reason behind were the friendship and concerned each one of you has been giving me.

You know what I feel now is really mixed feelings of joy and sorrow. Joy, because sooner I will be back to Indonesia and because you have helped me all along to overcome the longings I have of my family although they are far from my sight and presence. On the other hand, we also feel sorrow because we won’t be seeing one another as often as we used to be.


Friends, thanks for everything. I really value the two years I spent in friendship and experiences here in Bongao, Tawi-Tawi with all of you my friends. I just want to convey my heartfelt thanks for your presence in tonight’s affair. I hope and pray to Almighty Allah that you won't forget me being your friend from Indonesia.

If there were any words that I have uttered in the past that might have hurt or offended anyone’s feeling...please, I ask forgiveness so that everything will be smooth in my journey home.

Lastly, I would also like to request all of you to pray for my safe journey together with my fellow officers. I will also be praying for your safety here.

Again, thank you for everything

God Bless us all. Amen

Wasalam.


Nah kurang lebih terjemahan/ translate dalam bahasa Indonesia secara bebas dari saya (Maaf aku bukan ahli or sastra bhs inggris...bukan juga guru atau sarjana. Saya hanya belajar ngeblog dan latihan terjemahan) Selanjutnya pakai dan cocokan dengan logika anda yah ? atau pakai google translate klik disini www.google.translate.com hanya orang yang mau bekerja keras/berlajar rajin yang akan mendapatkan kesuksesan.



Bismillahi Rohman nirohim
Atas nama Alllah, Yan Maha Pemurah/Pengasih dan lagi Yang Maha Penyayang.

Pertama-tama, terima kasih untuk setiap orang dari kamu (tamu yang hadir), selamat datang di pesta perpisahan / Dispedida. Sebelum saya berbicara lebih lanjut, ijinkan saya untuk kembali menyapa anda Assalammu alaikum warohmatullahi wabarokatu. Damai dan sejahtera untuk kita semua.

Untuk dua tahun terakhir, saya telah ditugaskan di Pilipina terutama di Bongao, Provinsi Tawi-Tawi. Saya menganggap tempat ini sebagai rumah kediaman keduaku/kampung halamanku. Alasan dibalik/belakangnya adalah: persahabatan dan kepedulian yang masing-masing dari kamu sudah/telah diberikan kepada saya.

Anda tahu apa yang saya rasakan sekarang adalah benar-benar bercampur perasaan sukacita/senang dan dukacita/sedih. Sukacita, karena nanti saya akan segera kembali ke Indonesia dan karena Anda telah membantu saya sepanjang untuk mengatasi kerinduan-kerinduan saya terhadap/tentang keluargaku walaupun mereka jauh dari hadapan/pandangan-Ku dan kehadirannya. Di sisi lain, Saya juga merasa sedih/duka karena kita tidak akan melihat satu sama lainnya seperti dahulu sesering yang kita pernah bertemu.

Teman, terima kasih untuk semuanya. Saya sangat menghargai dua tahun saya menghabiskan dalam persahabatan dan pengalaman di Bongao, Tawi-Tawi dengan anda semua teman-temanku. Saya hanya ingin menyampaikan rasa syukur dan terima kasih saya untuk kehadiranmu di malam pertemuan ini. Saya berharap dan berdoa kepada Allah Yang Maha Kuasa bahwa kamu tidak akan lupakan saya sebagai temanmu dari Indonesia.

Jika ada kata-kata yang saya ucapkan di masa lalu/lewat yang mungkin sudah menyakiti perasaan dari siapapun ... Mohon, saya minta maaf, sehingga semua/sesuatunya akan berjalan lancar dalam perjalanan pulangku.

Terakhir, saya juga ingin memohon kepada anda/kamu semua untuk mendoakan agar/supaya/atas/untuk keamanan perjalanan bersama dengan teman-teman sejawatku dan saya juga akan berdoa untuk keselamatan Anda di sini.

Sekali lagi, terima kasih untuk semuanya/segala-galanya.

Tuhan Memberkati kita semua. Amin

Wasalam.
Lt.Jg RAG
=======================================================

Nah ini aku punya naskah/ konsep aslinya,sebelum dipermak :
Silakan dibandingkan dengan di atas, aku ngak bicara politikkan cuma kata-kata biasa yg umum orang biasa gunakan.



Bismillahi rohman nirohim.
In the name of Alllah, The Most Gracious, The Most Merciful

Thanks each in everyone of you, welcome to my farewell party but before I talk further. Please, allow me first to greet you Assalammu alaikum warohmatullahi wabarokatu. Peace be upon us all.

For the last two years, I have been assigned here. I considered this place as my second home. The reason behind were the friendship and concerned each of you toward me.

You know it's really a mixed of joy and sorrow it is because I can no longer thinking about my family being far from my sight and present but on the other hand we could not see each other as often as we used to be.

Friends, thanks for everything. I value the two years friendship, experience here in Bongao Tawi-Tawi with all of you my friends. I just want to convey my heartfelt thanks for your present tonight affair. I hope and pray to Almighty Allah that you won't forget me being part of your's as friend from Indonesia.

If there is any hurting words that I uttered in the past that hurts each one of you, please I ask forgiveness so that everything is going smoothly on my journey.

Lastly, I would like to request all of you to pray for my safe journey back home together with my fellow officers (ILO as Our Group) and the same with me also to pray for your safe as well.

God Bless us all.

Wassalam.
Lt.Jg. RAG


======================================================

Bismillahi rohman nirohim
In the name of Alllah, The most Gracious, The most Merciful


Good evening! (or whatever greeting is applicable) and welcome to my farewell party. I hope every one is happy not because I’m leaving but because we are here gathered together to strengthen the bond that we have.

My two-year stay here in Bongao has been fruitful and memorable. I consider this as my second home because you are all good to me and you cared even if I am not a Filipino.

Right now, I have these mixed emotions. I am happy because I will go back to Indonesia and be with my Family. Sad, for I will be leaving my good friends, who had helped me become strong so I can overcome all the challenges, specifically, my longings for my family.

Saying thank you is not enough for all the good things you have done for me. Rest assured that I will treasure all the memories and experiences I had with you.

If there were words that I have uttered that might have hurt or offended you, please accept my apology. Let us forgive each other and let by-gone be by-gone.

Lastly, prayer is the only gift I could give all of you…you will always be in my prayers. Thank you so much for everything. Wassalam! God Bless. Enjoy the rest of night.

Again, thank you for everything



Waalaikum salam.

God Bless us all.

Hahaha bingungkan...ngak usah dibingungi Kita hanya katakan saja yang penting berani ngomong dulu guna membuat confident/ PD kita. Biar yang mendengar/ hadirin yg menganalisa pesan itu. Perbedaan speech diatas itu hanya perbedaan seni bicara saja....keseluruhan artinya hampir sama kok.

Jadi Aku punya 3 versions speech draft draft /skeleton.


0 komentar:

AddThis

Bookmark and Share

Add to Google Reader or Homepage

Subscribe Now: standard